Senin, 01 Februari 2010

KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DAFTAR KOMPETENSI KEJURUAN (DKK) DAN KOMPETENSI KEJURUAN (KK)SMK NEGERI 1 CILACAPBIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASIPROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKAKOMPETENSI KEAHLIAN : MULTI MEDIA A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN (DKK)1. Merakit personal computer(P.Bambang Irawan)1.1 Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi1.2 Melakukan instalasi komponen PC1.3 Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer1.4 Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).1.5 Menyambung periferal menggunakan Software1.6 Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar(P.Bambang Irawan)2.1 Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi2.2 Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual2.3 Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)2.4 Melakukan troubleshooting.3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)(P.Bambang Irawan)3.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)3.2 Melaksanakan prosedur K33.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup3.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.3. KOMPETENSI KEJURUAN (DKK) MULTIMEDIA (072) 1. Memahami etimologi multimedia(P.Untung Supriyono)1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia1.2 Menjelaskan multimedia content production1.3 Menjelaskan multimedia communication.2. Memahami alir proses produksi produk multimedia(P.Untung Supriyono)2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia2.2 Menjelaskan proses production multimedia2.3 Menjelaskan proses post production multimedia.3. Merawat peralatan multimedia(P.Bambang Irawan)3.1 Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia3.2 Melakukan perawatan peralatan multimedia3.3 Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.4. Mengelola isi halaman web(B.Ari Triyanti)4.1 Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency4.2 Memeriksa links dan navigasi4.3 Mengedit informasi sesuai kebutuhan4.4 Menguji dan memastikan perubahan perubahan.5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi(P.Yuliatmoko) 5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video5.2 Mengoperasikan kamera video5.3 Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar5.4 Mengoperasikan kamera5.5 Menata kabel-kabel kamera5.6 Mengoperasikan clapper board.6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia(P.Untung Supriyono)6.1 Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)6.2 Membuat sketsa6.3 Menggambar perspektif6.4 Menggambar objek6.5 Menggambar ilustrasi.7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi(P.Sulistyono)7.1 Menjelaskan syarat animasi7.2 Membuat gambar kunci7.3 Mengatur dan melengkapi gambar kunci.8. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip(P.Sulistyono)8.1 Mendeskripsikan gambar yang asli8.2 Membuat gambar-gambar asli8.3 Mendeskripsikan gambar tiga dimensi8.4 Membuat gambar tiga dimensi.9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)(P.Sulistyono)9.1 Mendeskripsikan syarat-syarat animasi9.2 Membuat model warna dan tempat warna.10. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia(P.Yuliatmoko)10.1 Menggunakan software teks multimedia10.2 Mendesain teks multimedia.11. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia(P.Yuliatmoko)11.1 Mengedit gambar digital11.2 Menggunakan software grafik multimedia 2D11.3 Menciptakan design grafik Multimedia 2D11.4 Menampilkan karya seni digital 2D.12. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia (P.Yuliatmoko)12.1 Menggunakan kamera digital12.2 Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia12.3 Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia13.1 Menjabarkan format audio digital13.2 Menggunakan software audio digital13.3 Merancang audio digital13.4 Membangun track audio digital.14. Membuat story board aplikasi multimedia(P.Yuliatmoko)14.1 Mengidentifikasi kebutuhan14.2 Merencanakan alur isi story board14.3 Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board.15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.15.1 Menjelaskan dasar tata cahaya15.2 Menjelaskan efek cahaya15.3 Menyiapkan operasi lighting16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi16.1 Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus16.2 Menginstallasi software efek khusus16.3 Membuat efek khusus pada obyek.17. Menyusun proposal penawaran(P.Bambang Irawan)17.1 Menganalisa syarat-syarat proyek17.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan17.3 Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada17.4 Membuat proposal17.5 Membuat pengajuan permohonan tender.

0 komentar: